Senin, 25 Mei 2009

PERBEDAAN GRAFITI, MORAL, DAN FRESKO

SALAm kawan !! kini tomato akan membahas tentang lukisan di dinding dan apa arti tu coretan

hai bombers...(bombers adalah sang permbuat grafiti)
apa kabar nie...??
mungkin kalian sudah tahu apa artinya judul diataskan???
bagaimana dgn juragan yg lain?? pada tahukah???
pasti ada yg tahu dan pasti ada yang tidak tahukan..

ywd, bagi yg tidak tahu mari tambah wawasan anda tentang Grafiti, mural, dan Fresko...
ok kita mulai aja...


-Grafiti

Grafiti (juga dieja grafitty atau grafitti) adalah kegiatan seni rupa yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kalimat tertentu di atas dinding. Alat yang digunakan biasanya cat semprot kaleng.

Sejarah Grafiti

Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, grafitty digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu.

Perkembangan kesenian di zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida. Lukisan ini mengkomunikasikan alam lain yang ditemui seorang pharaoh (Firaun) setelah dimumikan.

Kegiatan grafiti sebagai sarana menunjukkan ketidak puasan baru dimulai pada zaman Romawi dengan bukti adanya lukisan sindiran terhadap pemerintahan di dinding-dinding bangunan. Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di Roma sendiri dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu dilarang kaisar.

Grafiti pada zaman modern

Adanya kelas-kelas sosial yang terpisah terlalu jauh menimbulkan kesulitan bagi masyarakat golongan tertentu untuk mengekspresikan kegiatan seninya. Akibatnya beberapa individu menggunakan sarana yang hampir tersedia di seluruh kota, yaitu dinding.

Pendidikan kesenian yang kurang menyebabkan objek yang sering muncul di grafiti berupa tulisan-tulisan atau sandi yang hanya dipahami golongan tertentu. Biasanya karya ini menunjukkan ketidak puasan terhadap keadaan sosial yang mereka alami.

Meskipun grafiti pada umumnya bersifat merusak dan menyebabkan tingginya biaya pemeliharaan kebersihan kota, namun grafiti tetap merupakan ekspresi seni yang harus dihargai. Ada banyak sekali seniman terkenal yang mengawali karirnya dari kegiatan grafiti.

Fungsi grafiti

* Bahasa rahasia kelompok tertentu.
* Sarana ekspresi ketidak puasan terhadap keadaan sosial.
* Sarana pemberontakan.
* Sarana ekspresi ketakutan terhadap kondisi politik dan sosial.

Gang grafiti

Yaitu grafiti yang berfungsi sebagai identifikasi daerah kekuasaan lewat tulisan nama gang, gang gabungan, para anggota gang, atau tulisan tentang apa yang terjadi di dalam gang itu.

Tagging grafiti

Yaitu jenis grafiti yang sering dipakai untuk ketenaran seseorang atau kelompok. Semakin banyak grafiti jenis ini bertebaran, maka makin terkenallah nama pembuatnya. Karena itu grafiti jenis ini memerlukan tagging atau tanda tangan dari pembuat atau bomber-nya. Semacam tanggung jawab karya.
i242.photobucket.com/albums/ff2/bravianni/grafiti.jpg

- Mural

Mural adalah cara menggambar atau melukis diatas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.
upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d3/Meister_des_Mah%C3%A2janaka_J%C3%A2taka_001.jpg

- Fresko

Fresko adalah teknik melukis di dinding dengan menimpakan pigmen pada plaster dinding yang baru dilapisi. Namun kemudian definisi ini sedikit berubah karena Leonardo da Vinci memperkenalkan teknik baru dengan menimpakan pigmen warna kepada lapisan yang telah kering dengan sedikit modifikasi.

Fresko berasal dari frase Italia buon fresco yang berarti "selagi basah". Pigmen yang ditimpakan di atas plaster basah akan melekat sangat kuat sehingga hasil karya bisa dinikmati berpuluh tahun. Adonan ini harus dibuat dengan takaran yang tepat, sebab bila terlalu basah akan menyebabkan timbulnya jamur, dan bila terlalu kering akan menyebabkan pigmen tidak bisa tertempel kuat.

Desain fresko biasanya dibuat di atas kertas yang kemudian dilubangi, ditempelkan ke atas plaster basah, dan ditaburi pigmen gelap yang kemudian membuat pola desain yang persis sama dengan rancangan semula. Lukisan harus dibuat secepat mungkin sebelum adonan plester mengering sehingga saat sebagian air diserap oleh dinding, pigmen yang ada ikut terserap pula dengan kuat.

Teknik fresko banyak dipakai pada masa Renaisans hingga Barok.
www.art-prints-on-demand.com/kunst/andrea_mantegna_202/camera_degli_sposi.jpg



:20:

Komentar :

ada 2 comments ke “PERBEDAAN GRAFITI, MORAL, DAN FRESKO”
Aristia Wida Rukmi mengatakan...
pada hari 

wah..
info bagus nich,..

om Tomat tau ga ?
aku juga seorang bomber....

(pembuat grafiti ) mulai beraksi jam 3 pagi....

hehe..

TOMATO mengatakan...
pada hari 

ia !! saia juga om !! vi rombongan aktif malam minggu az skitar jam 2 ,otau g dmn beli gas mask ? soalnya sering sesak nafas ni

:11 :13 :15 :17 :19 :21 :23 :27 :29 :31 :33 :35 :37 :39 :41 :43 :45 :47 :49 :51 :53 :55 :57 :59 :61 :66 :69

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas Jika Berkomentar:

Google/Blogger : Khusus untuk yang punya Account Blogger.
Wordpress : Blog dengan account wordpress
Name/URL : Jika kawan tidak punya account blog tapi punya alamat blog ataupun website.
Anonymous : Jika kawan ingin menyembunyikan Profile

Sponsored by

 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN